Senin, 06 Juli 2020

Jenis-Jenis Motherboard

Jenis-Jenis Motherboard

Motherboard tidak hanya berjenis satu saja, melainkan ada banyak jenis motherboard dengan beragam kebutuhan. Berikut ini adalah 6 jenis motherboard beserta kegunaanya.
  1. Motherboard AT (Advanced Technology)
Image: wikipedia.org
AT merupakan sebuah motherboard yang pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan IBM pada tahun 1980an dan dipergunakan secara umum tidak lama setelahnya. Karena merupakan jenis yang paling pertama, motherboard ini memiliki bentuk fisik yang cukup besar sehingga dipastikan tidak muat untuk desktop mini.
Meskipun bentuk fisiknya tergolong besar, namun jarak letak antara tiap komponen rupanya terlalu dekat sehingga menyebabkan sulitnya melakukan instalasi. Motherboard AT memang pernah menjadi terobosan teknologi tapi sekarang sudah jarang digunakan.
  1. Motherboard ATX (Advanced Technology Extended)
Image: gigabyte.com
Setelah IBM, Intel juga turut mengembangkan jenis motherboard baru yang diperkenalkan pada tahun 1990an, dan perannya menggantikan motherboard sebelumnya yaitu AT. Bentuk fisik jenis ini sudah agak lumayan kecil, jarak letak tiap-tiap komponen juga mengalami peningkatan sehingga mudah dalam pemasangannya. Hebatnya lagi, motherboard ATX ternyata masih digunakan hingga sekarang.

3. Motherboard Micro-ATX

Image: bhs4.com
Micro-ATX merupakan jenis motherboard yang perannya sama dengan ATX bahkan untuk segala fiturnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada bentuk fisik motherboard ini lebih kecil, hal itu dimaksudkan untuk mengurangi jumlah slot I/O yang didukung pada motherboard.

4. Motherboard LPX (Low Profile Extended)

Motherboard yang satu ini diciptakan pada tahun 1990an dan digunakan pada casing Slimline atau low profile, yang mana dibuat sedemikian rupa untuk mengurangi penggunaan space ruangan dan biaya. Namun sepertinya motherboard yang satu ini tidak efektif untuk digunakan.

5. Motherboard BTX (Balanced Technology Extended)

Image: anandtech.com
Motherboard BTX merupakan jenis motherboard anyar yang diciptakan untuk mengurangi penggunaan daya dan panas berlebih pada sebuah komputer. Desain yang digunakan BTX sama sekali tidak mengikuti motherboard-motherboard sebelumnya, dimana sebelumnya memang notabennya selalu mengikuti desain ATX. Maka artinya, BTX merupakan motherboard dengan teknologi terobosan yang mungkin efektif digunakan pada saat ini. Sayangnya motherboard jenis ini belum begitu familiar dan masih jarang digunakan pada teknologi-teknologi komputer,

6. Motherboard Mini-ITX (Information Technology Extended)

Mini-ITX merupakan motherboard yang diciptakan oleh VIA Technologies pada tahun 2001 silam dan dirancang dengan ramah daya serta ukuran yang cukup kecil yakni 17 x 17 cm. Karena hanya menggunakan konsumsi daya yang kecil, maka maklum saja jenis motherboard ini tidak menimbulkan panas yang berlebih. Motherboard ini masih digunakan hingga sekarang, tapi hanya untuk komputer berukuran kecil.
Disqus Comments