Minggu, 05 Januari 2020

3.12 Menerapkan collection sebagai media penyimpanan data


      Collection adalah suatu objek yang bisa digunakan untuk menyimpan sekumpulan objek. Objek yang ada dalam Collection disebut elemen. Collection menyimpan elemen yang bertipe Object, sehingga berbagai tipe objek bisa disimpan dalam Collection. Class-class mengenai Collection tergabung dalam Java Collection Framework. Class-class Collection diletakkan dalam package java.util dan mempunyai dua interface utama yaitu Collection.
Collection terbagi menjadi 3 kelompok yaitu :

      a.     Set
          Set mengikuti model himpunan, dimana objek/anggota yang tersimpan dalam Set harus unik. Urutan maupun letak dari anggota tidaklah penting, hanya keberadaan anggota saja yang penting. Kelas konkrit yang mengimplementasikan Set harus memastikan bahwa tidak terdapat elemen duplikat yang dapat ditambahkan ke dalam set. Yaitu, tidak terdapat dua elemen e1 dan e2 yang berada di dalam set yang membuat e1.equals(e2) bernilai true. Classclass yang mengimplementasikan interface Set adalah HashSet.
          HashSet dapat digunakan untuk menyimpan elemen-elemen bebas-duplikat. Kelas HashSet merupakan suatu kelas konkrit yang mengimplementasikan Set. Pembuatan objek HashSet adalah sebagai berikut:
Set <nama_objek_HashSet> = new HashSet();

     b. List
          List digunakan untuk menyimpan sekumpulan objek berdasarkan urutan masuk (ordered) dan menerima duplikat. Cara penyimpanannya seperti array, oleh sebab itu memiliki posisi awal dan posisi akhir, menyisipkan objek pada posisi tertentu, mengakses dan menghapus isi list, dimana semua proses ini selalu didasarkan pada urutannya. Class-class yang mengimplementasikan interface List adalah Vector, Stack, Linked List dan Array List. Pada jobsheet ini yang akan dibahas adalah ArrayList.
          ArrayList digunakan untuk membuat array yang ukurannya dinamis. Berbeda dengan array biasa yang ukurannya harus ditentukan di awal deklarasi array, dengan ArrayList, ukurannya akan fleksibel tergantung banyaknya elemen yang dimasukkan. Pendeklarasian object ArrayList sebaiknya diikuti dengan nama class yang akan dimasukkan dalam List
tersebut. Tujuannya agar method dan property dari setiap object dalam ArrayList dapat diakses secara langsung. Pembuatan objek ArrayList adalah sebagai berikut:
ArrayList <nama_objek_arraylist>=new ArrayList();

      c.     Map
Perbedaaan mendasar map dengan collection yang lain, untuk menyimpan objek pada Map, perlu sepasang objek, yaitu key yang bersifat unik dan nilai yang disimpan. Untuk mengakses nilai tersebut maka kita perlu mengetahui key dari nilai tersebut. Map juga dikenal sebagai dictionary/kamus. Pada saat menggunakan kamus, perlu suatu kata yang digunakan untuk pencarian. Class-class yang mengimplementasikan Map adalah Hashtable,HashMap, LinkedHashMap. Pada jobsheet ini yang akan dibahas adalah HashMap.
HashMap adalah class implementasi dar Map, Map itu sendiri adalah interface yang memiliki fungsi untuk memetakan nilai dengan key unik. HashMap berfungsi sebagai memory record management, dimana setiap record dapat disimpan dalam sebuah Map. kemudian setiap Map diletakkan pada vektor, list atau set yang masih turunan dari collection. Pembuatan objek HashMap adalah sebagai berikut:
HashMap <nama_objek_HashMap> = new HashMap();
Disqus Comments