Rabu, 25 September 2019

KD 3.10 Menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek

A.    Menjelaskan fungsi manifulasi gambar bitmap.

1.     Gambar Bitmap

Pengertian

Gambar bitmap adalah kumpulan bit yang membentuk sebuah gambar. Gambar tersebut memiliki kandungan satuan-satuan titik (atau pixels) yang memiliki warnanya masing-masing (disebut dengan bits, unit terkecil dari informasi pada komputer). Semakin banyak jumlah pixel yang ada pada sebuah gambar, maka semakin halus dan realistik gambar tersebut. 

Fungsi Manipulasi String dalam ESQL

Dalam bagian ini akan diberikan daftar fungsi untuk memanipulasi string dalam ESQL. Sebagian besar fungsi ini memanipulasi semua jenis data string (BIT, BLOB dan CHARACTER). Pengecualian untuk ini adalah UPPER, LOWER, LCASE, UCASE dan SPACE yang hanya beroperasi terhadap string karakter.

Dalam deskripsi ini, istilah ‘singleton’ merujuk pada satu bagian (BIT, BLOB, atau CHARACTER) dalam string dari tipe data tersebut.

Selain fungsi-fugsi yang dijelasan di sini, kita dapat menggunakan operator logika OR untuk melakukan berbagai perhitungan pada nilai manipulasi string ESQL. Untuk menggabungkan dua string, gunakan operator string ESQL.

     2.     Berikut adalah daftar fungsi-fungsi tersebut:

·       Fungsi CONTAINS
·       Fungsi ENDSWITH
·       Fungsi LEFT
·       Fungsi LENGTH
·       Fungsi LOWER and LCASE
·       Fungsi LTRIM
·       Fungsi OVERLAY
·       Fungsi POSITION
·       Fungsi REPLACE
·       Fungsi REPLICATE
·       Fungsi RIGHT
·       Fungsi RTRIM
·       Fungsi SPACE
·       Fungsi STARTSWITH
·       Fungsi SUBSTRING
·       Fungsi TRANSLATE
·       Fungsi TRIM
·       Fungsi UPPER and UCASE

Fungsi CONTAINS

Ini adalah sebuah fungsi manipulasi string yang memanipulasi seluruh tipe data string (BIT, BLOB, dan CHARACTER), dan mengembalikan nilai Boolean yang mengindikasikan apakah sebuah string muncul dalam string lainnya.

Fungsi ENDSWITH

Fungsi ini memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB, dan CHARACTER) dan mengembalikan sebuah nilai Boolean yang mengindikasikan apakah sebuah string diakhiri oleh string lainnya.

Fungsi LEFT

Fungsi ini mengembalikan sebuah string yang terdiri atas string sumber yang dipotong dengan nilai panjang yang diberikan.

Fungsi LENGTH

Fungsi ini digunakan untuk memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB dan CHARACTER) dan mengembalikan sebuah nilai Integer yang menunjukkan jumlah singleton dalam source_string.

Fungsi LOWER dan LCASE

Kedua fungsi ini adalah setara, dan memanipulasi tipe data CHARACTER. Keduanya mengembalikan string karakter baru yang identik dengan source_string, kecuali bahwa pada semua string baru ini semua huruf kapital diganti menjadi huruf kecil yang sesuai.

 

Fungsi LTRIM

Fungsi ini digunakan untuk semua tipe data string (BIT, BLOB, dan CHARACTER). Fungsi ini mengembalikan sebuah nilai string karakter yang bertipe data dan isi sama dengan source_string, tapi setiap awalan default pada singleton dihapus.

Fungsi OVERLAY

Fungsi ini memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB dan CHARACTER) dan mengganti bagian sebuah string dengan sebuah substring.

Fungsi POSITION

Fungsi ini dapat memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB dan CHARACTER) dan mengembalikan nilai posisi sebuah string dalam suatu string.

Fungsi REPLACE

Fungsi ini dapat memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB dan CHARACTER) dan mengganti bagian-bagian dari sebuah string dengan substring yang disediakan.

Fungsi REPLICATE

Fungsi ini memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB, dan CHARACTER) dan mengembalikan sebuah string yang dibuat dari beberapa salinan dari sebuah string yang disediakan.

Fungsi RIGHT

Fungsi ini dapat memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB, dan CHARACTER) dan memotong sebuah string.

Fungsi RTRIM

Fungsi ini dapat memanipuasi semua tipe data string (BIT, BLOB, dan CHARACTER) dan menghapus singleton bagian belakang dari sebuah string.

Fungsi SPACE

Fungsi ini dapat memanipulasi semua tipe data (BIT, BLOB dan CHARACTER) dan menciptakan sebuah string yang terdiri atas spasi kosong yang jumlahnya ditentukan.

Fungsi STARTWITH

Fungsi ini dapat memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB, dan CHARACTER) dan mengembalikan sebuah nilai Boolean yang mengindikasikan apakah sebuah string diawali oleh suatu string tertentu.

Fungsi SUBSTRING

Fungsi ini memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB, dan CHARACTER)I dan mengekstrak karakter dari sebuah string untuk menciptakan string lainnya.

Fungsi TRANSLATE

Fungsi ini dapat memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB dan CHARACTER) dan mengganti karakter tertentu di dalam sebuah string.

Fungsi TRIM

Fungsi ini dapat memanipulasi semua tipe data string (BIT, BLOB, dan CHARACTER) dan menghapus singleton awal dan akhir dari sebuah string.

Fungsi UPPER dan UCASE

Kedua fungsi ini setara dan dapat memanipulasi tipe data string CHARACTER dan mengubah karakter-karakter berhuruf kecil di dalam sebuah string menjadi huruf kapital.


3.     Mengintegrasikanefekfiturmanipulasipadagambar

Manipulasi Citra (Gambar) adalah proses melalui tampilan visual dari gambar asli yang telah diubah. Teknik-teknik ini dapat digunakan untuk memproduksi efek yang lebih luas , dari perubahan halus dan koreksi untuk lebih intervensi dramatis.

Mengubah Foto Dan Filter

            Filter dapat digunakan pada gambar dasar  untuk mengubah penampilan dalam berbagai cara. Seorang desainer mungkin menggunakan filter untuk menerapkan efek  atau meningkatkan gambar, atau untuk mensimulasikan teknik lain dari disiplin seperti yang ditunjukan lawan. Filter menawarkan pilihan kuat untuk membuat gambar lebih unik dan dramatis, namun mereka harus digunakan dengan hati-hati dan dikendalikan untuk menghasilkan hasil yang dikenali.  Contoh-contoh ditampilkan berlawanan  menggambarkan hasil yang dapat dicapai dengan filter, apakah halus atau ambisius.

Disqus Comments